Arti Ijazah S3 bagi saya?

Apa arti ijazah s3 bagi saya?

Pertanyaan ini yang dilontarkan oleh dosen Filsafat Ilmu Pengetahuan kami, Bapak Prof. Dr. Ir. Kuspriyanto.  Ketika mendapatkan pertanyaan ini, langsung terbayang di benak , bahwa, saya telah memulai babak baru dalam kehidupan ini.  Sebuah bagian kehidupan  yang sangat penting akan segera dijalani.  Ya…perjalanan kuliah menuju gelar doktoral.

Mengenang kembali perjalanan pendidikan di perguruan tinggi, yang dimulai ketika lulus dari SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Negeri 4, Pejaten, Jakarta.  Pada waktu lulus, tidak pernah terbayang  untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, karena kondisi ekonomi keluarga yang pada waktu itu, sepertinya cukup sulit untuk membiayai kuliah.  Setelah lulus SMEA, saya langsung bekerja di sebuah pabrik kabel di daerah Tangerang. Bekerja sebagai staff personalia, yang bertugas di bagian administrasi karyawan. Tidak lama bekerja di sana, setahun kemudian, pindah bekerja di PT. Wijaya Karya, sebuah perusahaan kontraktor besar di Jakarta.  Baru beberapa bulan bekerja di sana, saya membaca sebuah iklan di sebuah harian surat kabar, yang menawarkan bea siswa untuk kuliah s1.  Saya coba mengikuti program tersebut, dan Alhamdulillah, diterima dan mendapatkan bea siswa.  Karena, memang hati kecil ini selalu berbisik untuk bisa melanjutkan pendidikan.

Singkat cerita, akhirnya saya bisa kuliah s1 di STIE Kalbe, Jakarta, jurusan Akuntansi.  Alhamdulillah, nilai-nilai kuliah cukup bagus, sehingga setiap semester saya selalu mendapatkan bea siswa, dan akhirnya bisa menyelesaikan s1 dengan hasil yang baik.

Selesai kuliah, saya mengajar di sebuah pesantren di daerah Indramayu.  Setelah bertugas di sana selama 6 tahun, saya diberi kesempatan dan kepercayaan, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dengan dibiayai sepenuhnya oleh Yayasan.  Alhamdulillah, sekali lagi, suatu karunia yang sangat besar yang saya terima. Kepercayaan ini saya jalani dengan penuh amanah dan penuh suka cita, sehingga dalam waktu 1,5 tahun saya dapat menyelesaikan pendidikan s2 saya di ITB.  Dan, saya lebih bahagia lagi, guru kami memberikan hadiah kepada kami (saya, dan 2 orang sahabat saya) untuk meneruskan pendidikan ke jenjang s3.

Alhamdulillah, syukur tiada henti saya panjatkan ke hadirat Illahi atas segala karunia dan nikmat yang telah Engkau berikan.  Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan s3 di ITB dengan bea sepenuhnya dari Yayasan.  Semoga saya dapat terus memegang amanah ini, menyelesaikan pendidikan dan memberikan pengabdian yang setulus-tulusnya bagi kepentingan umat manusia.

Memperhatikan perjalanan pendidikan tersebut, maka, bagi saya, ijazah s3 yang akan diperoleh nanti, Insya Allah, adalah sangat tak terhingga dan tak terbelikan oleh apapun jua.  Ijazah, yang menjadi simbol karunia dan berkah yang saya terima selama ini, tentunya, memiliki nilai yang tinggi. Bilalah, boleh, saya umpamakan, jika ada orang yang menawarkan uang 1 trilyun, untuk menghentikan pencapaian s3 ini, pastilah akan saya tolak, karena ini adalah perjalanan pengabdian saya kepada negara, bangsa dan agama yang saya cintai ini.  Semoga Allah selalu menjaga dan memberikan pertolongan bagi saya, untuk tetap amanah, dan semoga Allah selalu memberikan kemudahan, hingga saya mampu menyelesaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Amin.

Tentang irvan iswandi

Guru Profesional bidang studi Matematika di Madrasah Tsanawiyah
Pos ini dipublikasikan di Filsafat Ilmu Pengetahuan. Tandai permalink.

8 Balasan ke Arti Ijazah S3 bagi saya?

  1. Anonim berkata:

    Top pak…….. jempol empat buat bapak

  2. Bintang Yotichan berkata:

    alhamdulillah,,, sesuatu ya pak irvan hehehe 😛

  3. shambu berkata:

    sepertinya aku harus bilang “WOW” nih buat guru kita yang satu ini.. selamat menempuh s3 pak guru dan semoga sukses 😀

  4. aditya handayani berkata:

    Amiin pak. Semoga ust bisa mendapat pencapaian itu dgn sukses.

Tinggalkan Balasan

